Senin, 29 Agustus 2016

GURAH



GURAH

Pengobatan gurah atau proses mengeluarkan lendir-lendir dari dalam tubuh.

Lendir tersebut disinyalir adalah kotoran yang mengandung kuman penyakit dan mengandung racun yang bisa disebakan oleh kopi, rokok, alkohol dan lain-lain.

Manfaat Terapi Gurah Bagi Kesehatan
1. Kesehatan Hidung
Mencegah dan menyembuhkan sumbatan hidung dan pholip yang disebabkan oleh polusi udara dan bau-bauan.
Membantu melarutkan lendir yang mengganggu pernapasan.
Membantu melarutkan lendir dan jamur yang menempel pada lapisan atau selaput paru-paru bagian dalam atau luar.

2. Kesehatan Tenggorokan
Manfaat terapi gurah bagi kesehatan salah satunya dapat mencegah dan mengobati penyakit amandel atau toksin.
Mengobati penyakit asma, sesak napas, hingga penyakit paru-paru.
Membantu menyembuhkan batuk kering, batuk basah dan bronchitis.
Mendapatkan sertifikat "Ahli Gurah"

Rekan-rekan sekantor gurah bersama

Gurah saat pelaksanaan baksos





Alhamdulillah berdasarkan pengalaman saya banyak pasien yang sudah tertolong dengan terapi gurah dari berbagai keluhan seperti alergi, batuk menahun, pilek menahun, ashma, sinusitis, vertigo dan lain-lain.
Tentunya tidak hanya sekali si pasien tsb diterapi namun 2 atau 3 kali pasien dengan sabar menjalani terapi insya Allah penyakit tersebut akan sembuh.
Disarankan 2 jam sebelum gurah pasien tidak boleh makan atau perut dalam keadaan tidak sedang kenyang.

Beberapa hadist Nabi tentang gurah :
Hadits Tirmidzi 1970

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَدُّوَيْهِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ حَمَّادٍ الشُّعَيْثِيُّ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ خَيْرَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ السَّعُوطُ وَاللَّدُودُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشِيُّ فَلَمَّا اشْتَكَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَدَّهُ أَصْحَابُهُ فَلَمَّا فَرَغُوا قَالَ لُدُّوهُمْ قَالَ فَلُدُّوا كُلُّهُمْ غَيْرَ الْعَبَّاسِ

Sebaik-baik obat yg kalian gunakan ialah gurah, Laduud (obat yg diteteskan disisi mulut orang yg sakit), berbekam & Al Masyiy (obat untuk mengosongkan isi perut). Maka, tatkala Nabi shallallaahu 'Alaihi wa Sallam sakit para shahabat memberinya laduud. Setelah mereka selesai beliau bersabda:
Berilah mereka laduud. Lantas mereka pun memakai laduud selain Abbas. [HR. Tirmidzi No.1970].

Hadits Tirmidzi No.1970 Secara Lengkap
Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Madduwaih], telah menceritakan kepada kami [Abdurrahman bin Hammad Asy Syu'aitsi] Telah menceritakan kepada kami [Abbad bin Manshur] dari [Ikrimah] dari [Ibnu Abbas] ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik obat yang kalian gunakan ialah gurah, Laduud (obat yang diteteskan disisi mulut orang yang sakit), berbekam dan Al Masyiy (obat untuk mengosongkan isi perut)." Maka, tatkala Nabi shallallaahu 'Alaihi wa Sallam sakit para shahabat memberinya laduud. Setelah mereka selesai beliau bersabda: "Berilah mereka laduud." Lantas mereka pun memakai laduud selain Abbas.

Hadits Tirmidzi 1971

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ خَيْرَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ اللَّدُودُ وَالسَّعُوطُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشِيُّ وَخَيْرُ مَا اكْتَحَلْتُمْ بِهِ الْإِثْمِدُ فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ وَكَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُكْحُلَةٌ يَكْتَحِلُ بِهَا عِنْدَ النَّوْمِ ثَلَاثًا فِي كُلِّ عَيْنٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَهُوَ حَدِيثُ عَبَّادِ بْنِ مَنْصُورٍ

Sesungguhnya obat yg paling baik untuk kalian gunakan adalah Al Ladud & As Sa'uth, bekam & Al Masyiy. Dan sebaik-baik sesuatu yg dapat kalian gunakan untuk bercelak adalah Al Itsmid, sebab ia akan menajamkan pandangan & menumbuhkan rambut. Dan Rasulullah mempunyai celak yg beliau gunakan sebanyak tiga kali dalam sehari pada kedua matanya. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hasan gharib. Ia haditsnya Abbad bin Manshur. [HR. Tirmidzi No.1971].

Hadits Tirmidzi No.1971 Secara Lengkap
Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Yahya], telah menceritakan kepada kami [Yazid bin Harun] Telah menceritakan kepada kami [Abbad bin Manshur] dari [Ikrimah] dari [Ibnu Abbas] ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya obat yang paling baik untuk kalian gunakan adalah Al Ladud dan As Sa'uth, bekam dan Al Masyiy. Dan sebaik-baik sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk bercelak adalah Al Itsmid, sebab ia akan menajamkan pandangan dan menumbuhkan rambut." Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mempunyai celak yang beliau gunakan sebanyak tiga kali dalam sehari pada kedua matanya.


Sumber :
1. Dikutip dari berbagai media.
2. Pengalaman pribadi.
3. Hasil survey diberbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengobatan Thibbun nabawi.

Semoga bermanfaat
Salam santun
Adat Sukoco



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.